Richard Bandler

7/14/2010 02:11:00 PM Edit This 0 Comments »

Wayne Richard Bandler (lahir 24 Februari 1950) adalah seorang penulis Amerika pada teknik-teknik psikologis modern. Ia dikenal sebagai penemu-co (dengan John Grinder ) dari Neuro-linguistik programming (NLP), koleksi konsep dan teknik dimaksudkan untuk memahami dan mengubah pola perilaku manusia. Ia juga mengembangkan sistem lainnya yang dikenal sebagai Design Human Engineering (DHE) dan Neuro Hypnotic Repatterning (NHR).

Pendidikan dan latar belakang

Bandler memegang gelar BA (1973) dalam Filsafat dan Psikologi dari University of California, Santa Cruz (UCSC) [1] dan MA (1975) dalam Psikologi dari Lone Mountain College di San Francisco

Co-pendiri NLP

Mr Bandler dianggap sebagai tokoh penting dalam pengembangan gerakan pengembangan diri modern. Dia pernah diundang oleh psikiater Robert Spitzer , untuk menghadiri, merekam dan menuliskan sebuah seminar pengajaran terapis keluarga Virginia Satir . Ia kemudian membantu Spitzer sunting Pendekatan Gestalt (1973) berdasarkan naskah oleh terapis gestalt Fritz Perls , yang baru saja meninggal, ia juga membantu dengan memeriksa transkrip untuk Eye Saksi untuk Terapi (1973). Menurut Spitzer, " [Bandler] keluar dari itu berbicara dan bertindak seperti Fritz Perls ".

Sementara Bandler adalah seorang mahasiswa di University of California, Santa Cruz dia juga memimpin terapi Gestalt kelompok. John Grinder, yang menjadi salah satu murid-muridnya, berkata kepada Bandler bahwa ia bisa menjelaskan hampir semua pertanyaan dan komentar Bandler dibuat dengan menggunakan tata bahasa transformasional , topik dalam linguistik yang khusus Grinder in Mereka mengembangkan sebuah model untuk terapi dan menyebutnya meta -model.Ini menjadi buku pertama mereka, Struktur Magic, Volume I (1975). Bandler adalah Gregory Bateson pemilik 's, yang mengajar di UCSC, Kresge College seperti juga Grinder, dan pindah ke komunitas di Alba Road dekat Santa Cruz masyarakat pegunungan Ben Lomond. Bateson akan memiliki pengaruh besar pada di masa depan Bandler, dia memperkenalkan Bandler dan Grinder untuk Milton Erickson , yang membentuk beberapa model pondasi bagi -bahasa pemrograman Neuro . Pada tahun 1975 Bandler kemudian membentuk penerbitan sendiri perusahaan, Meta Publikasi, dan diterbitkan Pola dari Teknik Hypnotic Milton H. Erickson Volume I (1975).

Bandler dan Grinder melanjutkan ke penulis Struktur Magic Volume II (1976), Pola dari Teknik Hypnotic Milton H. Erickson Volume II (1977) dan Perubahan Dengan Keluarga (1976), yang ditulis bersama dengan Virginia Satir dirinya sendiri.

Richard Bandler adalah pencipta yang paling signifikan dari model dan teknik yang sekarang diajarkan di NLP. Sebagai contoh: meta model , Milton model , anchoring , swish pattern , reframing , belief change, nesting loops, chaining states, and submodalities applications.

Bandler juga memodel fisikawan Israel dan pendiri sekolah the Feldenkrais school of body work, Moshe Feldenkrais , dan kemudian menerbitkan bukunya "The Elusive Obvious". Dalam banyak kelas, ia telah mengajarkan unsur-unsur bentuk bodywork yang dimodelkan. [ rujukan? ]

Sejak saat itu, karir Bandler telah difokuskan pada pengembangan dan penyajian NLP dan konsep terkait sebagai penulis, penerbit, pembicara publik, dan konsultan. Audiens termasuk individu mencari perbaikan hidup, dan bisnis yang menggunakan konsep-konsep dan teknik untuk meningkatkan penjualan.

Kasus Corine Christensen

Pada tanggal 3 November 1986,, Corine Christensen , seorang mahasiswa Bandler's, ditembak mati di townhouse nya. Bandler didakwa dengan pembunuhan atas dirinya, tetapi pada sidang juri secara bulat membebaskan Bandler di 5 1 / 2 jam. pembunuhan ini belum terpecahkan.

Litigasi

Pada bulan Juli 1996 Dr Bandler mengajukan gugatan terhadap Grinder dan lagi pada bulan Januari 1997 terhadap Grinder dan sejumlah anggota komunitas NLP termasuk Carmen Bostic-St. Clair and Steve and Connirae Andreas . Clair dan Steve dan Andreas Connirae . Bandler mengklaim pelanggaran merek dagang, kepemilikan intelektual milik NLP, gangguan tortious persekongkolan dan melanggar perjanjian penyelesaian dan perintah permanen oleh Grinder.

Pada akhir tahun 2000, beberapa jenis persesuaian antara Bandler dan Grinder dicapai ketika para pihak menandatangani merilis antara lain di mana mereka sepakat bahwa "mereka adalah co-pencipta dan rekan pendiri teknologi Pemrograman Neuro-linguistik. Drs. Grinder dan Bandler mengakui upaya dan kontribusi satu sama lain dalam pembentukan dan pengembangan awal NLP. Dalam dokumen yang sama, "Dr John Grinder dan Dr Richard Bandler pihak setuju untuk menahan diri dari meremehkan upaya masing-masing, dengan cara apapun, tentang keterlibatan masing-masing di bidang neurolinguistic Pemrograman."Release" direproduksi sebagai Appendix "A of Whispering in the Wind" oleh Grinder dan Bostic St Clair (2001)).

Karya lain

Sejak awal 1980-an ketika Grinder dan Bandler berhenti bekerja sama, Bandler mengembangkan teknik beberapa merek dagang yang disebutnya bidang "Design Human Engineering"(tm), and "Neuro-Hypnotic Repatterning"(tm). Bandler mengatakan bahwa teknologi ini berbeda secara signifikan dari NLP di bahwa mereka dituntut untuk lebih langsung dan efektif sebagai intervensi. Karya lain sejak saat itu mencakup "Using Your Brain for a Change" (1985), "Magic in Action" (1992) "Time for a Change" (1995), "Persuasion Engineering" (1996) (rekan penulis John Lavalle ) "The Adventures of Anybody" (1993), dan "Conversations" (2005) (rekan penulis Owen Fitzpatrick ). Richard Bandler terus memberikan seminar di NLP, NHR dan DHE di seluruh dunia.

0 komentar: